| Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat :) | Maaf jika blog ini jarang diupdate karena admin sibuk dengan tuntutan dunia nyata. |

Monday, May 7, 2012

CARA SETTING DIAL UP NETWORKING

CARA SETTING DIAL UP NETWORKING - CARA SETTING DIAL UP NETWORKING INTERNET DENGAN MODEM HANDPHONE DAN KARTU IM3, AXIS, AS, SIMPATI, MENTARI, ATAU XL
Cara ini dikhususkan untuk OS Windows (sudah teruji di Microsoft Windows XP). Untuk dapat men-dial ke internet kita harus mengatur nomor dial, user dan passwordnya. Dengan asumsi gprs di kartu Anda sudah aktif, berikut langkah-langkah menjadikan handphone yang Anda miliki sebagai modem dial up:

1. Hubungkan Handphone Anda dengan komputer
Hubungkan Handphone dengan komputer/laptop Anda dengan menggunakan kabel data, infrared, atau Bluetooth. Install Modem Handphone

   1. Tentukan HP yang akan anda pakai.
   2. Instalasi perangkat driver handphone anda. Lakukan cara ini, jika Operating System anda tidak dapat mengenali handphone anda.
   3. Setelah penginstalan driver. Klik Start > Control Panel > Phone and Modem Options (Control Menu, Display as a Menu). Ini untuk Display as a Link, Klik Start > Control Panel > Printer and Other Hardware > Phone and Modem Options
   4. Setelah terbuka window “Phone and Modem Options”, pilih Tab Modems dan klik Add…
   5. Di window “Add Hardware Wizard”, centang (ceklis)-kan pilihan “Don’t detect my modem; I will select it from a list” > Next
   6. Di bagian “Install New Modem”, pilih (Standard Modem Types) di Manufacturer dan pilih Standard 56000 bps Modem di Models > Next
   7. Lalu pilih Ports yang akan di install. Biar lebih gampang pilih saja All ports > Next. Catatan : Jika anda tahu port USB (COM-x) yang sedang nempel dengan handphone anda. Pilih Port tersebut saja. Membuat lebih gampang dalam menyetting. Dan jangan lupa untuk selalu memasang kabel USB ke port tersebut bila akan melakukan koneksi internet.
   8. Finish


2. Install PC Suite Handphone Anda
Install software PC Suite di laptop atau komputer yang hendak dihubungkan dengan handphone. Jika Anda belum memiliki software PC Suite, bisa Anda unduh dengan cara mencari di google.

Setting pada modem handphone anda

   1. Di Tab “Modems”, pilih Modem Standard 56000 bps Modem > Properties
   2. Pilih Tab “Advanced”, isikan Extra initialization commands format: at+cgdcont=1,”IP”,”[APN]“. APN yang dimaksud adalah Access Point Name untuk kartu GSM-nya. (Sebenarnya tidaklah selalu sama APN dengan yang di Extra initialization. Contohnya Telkomsel GPRS) Berikut daftar Access Point Name Kartu GSM :


   
Telkomsel Flash
   
Telkomsel GPRS
   
Indosat (Matrix/Mentari)
   
Indosat (Im3)
   
AXIS
   
XL (Xplor/Bebas/Jempol)
APN
   
FLASH
   
TELKOMSEL
   
www.satelindogprs.com
   
www.indosat-m3.net
   
AXIS
   
www.xlgprs.net

Jadi, untuk memasukkan data di Extra initialization caranya seperti ini:
Misal, mau pasang yang im3 berarti extra initializationnya : at+cgdcont=1,”IP”,”www.indosat-m3.net”
Beda halnya jika menggunakan Telkomsel GPRS, extra initialization : at+cgdcont=1,”IP”,”internet”

3. Lakukan hal tersebut pada setiap COM. Tidak dianjurkan. Lakukan ini jika anda mencobanya untuk konek tapi gagal. Dianjurkan untuk tidak melakukan setting ini di COM1.

4. Jika sudah selesai. Klik OK untuk mengakhirinya.

3. Mengecek Modem (apakah sudah terinstal)
Langkah selanjutnya setting modem dial up. Jika PC Suite sudah terinstal dan handphone Anda sudah terdeteksi dengan baik oleh PC Suite berarti modem dapat kita setting, cara mengecek apakah handphone sudha terdeteksi adalah melalui:

My Computer – Properties – Hardware – Device Manager
Cek dibagian modems apakah sudah ada modem handphone yang Anda gunakan. Cek apakah modem bekerja dengan baik dengan cara:

Klik kanan pada modem handphone yang Anda gunakan – Properties – dibagian diagnostics tekan tombol query modem.

Diagnostic akan berlangsung beberapa saat, hasilnya bisa kita lihat di kolom. Jika modem belum terdeteksi coba cek kabel, coba install software PC Suitenya lagi.

4. Setting nomor dial, user name dan password.
Untuk kartu im3 nomor dialnya adalah *99***1#, usernya indosat@durasi dan passwordnya: indosat@durasi. APN: indosatgprs

Buat Koneksi Dial-up
Untuk mensettingnya, ikuti langkah berikut:

klik tombol start – all programs – accessories – communications – new connection wizards – next – pilih connect to internet – next – pilih set up my connection manually – next – pilih connect using a dialup modem – next – pilih koneksi modem handphone yang Anda gunakan – next – masukkan isp name (dapat diisi apa aja) – next – masukkan nomor dialnya – next – masukkan user name dan paswordnya – next – centang add a shortcut to this connection to my desktop (bila ingin membuat shortcut di desktop) – finish. Setting selesai. Coba klik dua kali shortcut dialup di desktop tadi.

Proses dial berjalan, verifiying user name and password. registering your computer to the network.. bila berhasil konek akan muncul gambar monitor di systray anda.

Dan berikut UserName dan Password untuk masing-masing provider GSM
Kartu GSM
   
Username
   
Password
Telkomsel (Durasi)
   

   

Telkomsel (Data)
   
wap
   
wap123
Matrix (Data)
   

   

Mentari (Data)
   
indosat
   
Indosat
IM3 (Data)
   
gprs
   
im3
IM3 (Durasi)
   
indosat@durasi
   
indosat@durasi
XL (Data)
   
xlgprs
   
Proxl
AXIS
   
AXIS
   
123456

CATATAN : Untuk mengubah settingan (Display as menu/link) control panel di Task bar caranya. Klik kanan di taskbar > properties > tab “Start Menu” > Customize > Tab “Advanced” > Pilih Display as a Link/Menu di bagian Control Panel > Ok > Ok.

Troubleshooting
Pada kondisi dan jenis handphone tertentu kadang-kadang muncul pesan error pada saat melakukan proses dial. Berikut ini pesan error yang terjadi dan cara menanganinya:

- error 734: The ppp link control protocol has terminated
Jika ini terjadi, Anda belum bisa koneksi ke jaringan. Hal ini terjadi karena kita belum menambahkan parameter ke modem. Tambahkan baris perintah: AT+CGDCONT=1, “IP”, “indosatgprs”. Caranya, klik kanan My Computer » properties » tab ”Hardware” » Device Manager » Modems » Modem Handphone yang Anda gunakan. klik kanan » properties » di bagian Advanced – Extra Settings, masukkan baris perintah di situ » OK. Coba dial sekali lagi.

- error 687: The remote computer did not respond.
Jika ini terjadi, restart handphone Anda dan/atau install ulang PC Suite di komputer Anda. Pastikan menggunakan PC Suite versi terbaru.

-error 797: A connection to the remote computer could not be established because the modem was not found or was busy.
Jika ini terjadi, berarti ada masalah dengan koneksi modem Anda. Coba cabut kabel dan pasang kembali.

0 comments:

Post a Comment